Cara membuat akun google email (electronic mail) dan mengirim dokumen melalui gmail


Cara Menghapus dan Berhenti Email Promosi di Gmail - TeknoReview 
Email (electronic mail) atau pesan elektronik merupakan salah satu media komunikasi melalui jaringan internet. Dengan email dua individu atau kelompok dapat saling mengirimkan pesan, gambar, video dan dokumen tanpa terbatas waktu dan tempat.
Meski dewasa ini fungsi email mulai tergantikan oleh jejaring sosial dan aplikasi pesan, namun peranan media komunikasi elektronik ini tetap menjadi yang paling penting. Hampir seluruh layanan membutuhkan email, sebagian besar perusahaan juga masih mengandalkan email untuk berbagi dokumen, sehingga diyakini email tidak akan pernah mati.

Gmail merupakan salah satu layanan penyedia email gratis yang sangat populer. Selain Gmail ada namanya Yahoo Mail dan Outlook. Semua layanan menawarkan fungsi yang sama, hanya saja layout dan menu di dalamnya akan sangat berbeda.

A. Cara Membuat Akun Google Email Gmail di Komputer

Mungkin lebih mudah untuk mengatur akun baru di desktop atau laptop Anda. Anda dapat membuka tautan ini di browser web apa pun milik Anda untuk memulai.
  • Silahkan kunjungi alamat berikut https://accounts.google.com/signup
  • Masukkan “First name” and “Last Name” atau nama depan dan belakang Anda.
  • Masukkan “Username” nama pengguna yang ingin Anda gunakan untuk akun tersebut. Anda mungkin perlu menambahkan angka atau menggunakan nama yang berbeda jika yang Anda inginkan sudah digunakan.
  • Masukkan dan konfirmasikan “Password” atau kata sandi yang akan Anda gunakan untuk akun tersebut.
Buat akun google gmail di komputer
  • Google perlu mengirimi Anda pesan teks untuk alasan keamanan. Masukkan “Phone Number” atau nomor telepon Anda.
  • Masukkan kode yang Anda terima melalui pesan teks.
Buat akun google gmail di komputer 2
  • Masukkan alamat email cadangan jika Anda memilikinya. Ini dapat digunakan untuk membantu Anda memulihkan akun jika Anda terkunci atau ketika Anda lupa kata sandi Anda.
  • Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin yang Anda sukai.
Buat akun google gmail di komputer 1
  • Baca dan terima persyaratan dan ketentuan. Anda juga dapat memilih data mana yang dikumpulkan oleh Google tentang Anda.
Buat akun google gmail di komputer 4
Sekarang Anda sudah selesai membuat akun Google atau Gmail melalui komputer Anda. Anda mulai saat ini bisa mengakses berbagai layanan milik Google.

B. Cara Mengirim Pesan Email dan Dokumen Lewat Gmail

 Berikut merupakan langkah-langkah dalam proses mengirim pesan email melalui gmail :
  • Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah masuk ke dalam akun Gmail, sudah pernah melakukan ini sebelumnya kan? Oke, setelah masuk ke dalam akun Gmail sekarang klik menu berwarna oranye dengan label Compose.
Cara Mengirim Email Lewat Gmail
  • Berikutnya akan muncul sebuah jendela baru kecil di sudut kanan bawah layar komputer Anda. Di jendela ini ada beberapa form yang harus Anda isi. Pertama adalah kolom To yang harus diisi dengan alamat email penerima bisa teman, saudara atau rekanan bisnis Anda.
  • Jika Anda perhatikan di sebelah kanan kolom To ada dua menu Cc dan Bcc, kita coba singgung sedikit ya. Cc merupakan singkatan dari carbon copy dan Bcc adalah blind carbon copy. Apa fungsi dan perbedaannya? Fungsinya sama, Cc dan Bcc digunakan apabila Anda ingin agar pesan elektronik tersebut diterima oleh orang ketiga selain dari penerima utama (To). Jumlahnya bisa lebih dari 3, bahkan tidak terbatas.
  • Jadi semua pemiliki email di kolom To, Cc dan Bcc menerima pesan yang isinya sama. Namun bedanya, pemilik email yang berada di kolom Cc dapat melihat alamat email orang lain yang ada di kolom To dan juga Cc. Sedangkan bila kolom Bcc diisi maka semua pemilik email yang ada di kolom To dan Cc tidak dapat melihat alamat email di kolom Bcc tersebut.
Cara Mengirim Email Lewat Gmail
  • Agar lebih paham, coba masukkan alamat email yang berbeda di kolom To, Cc dan Bcc. Atau jika sudah paham Anda tidak harus selalu mengisi kolom Cc dan Bcc jika tidak diperlukan.
Cara Mengirim Email Lewat Gmail
  • Jangan lupa mengisi Subyek dengan judul email, kemudian kolom yang paling lebar menjadi tempat Anda menuliskan pesan elektronik yang nantinya dibaca oleh penerima.
  • Tepat di samping tombol Send/Kirim terdapat beberapa ikon yang mewakili masing-masing tool. Ikon A mewakili tool untuk mendesain mulai jenis huruf, ukuran, warna, rata kanan dan kiri, huruf tebal, miring dan kutipan.
Cara Mengirim Email Lewat Gmail
  • Coba berlatih dan buat email seperti ini.
Cara Mengirim Email Lewat Gmail
  • Mas, saya ingin mengirimkan dokumen atau gambar, bagaimana caranya? Pertanyaan yang juga bagus. Untuk mengirim gambar atau dokumen, klik ikon klip/penjepit, lihat gambar di bawah ini untuk petunjuk yang lebih jelas.
Cara Mengirim Email Lewat Gmail
  • Kemudian pilih dokumen atau foto yang ingin Anda lampirkan.
Cara Mengirim Email Lewat Gmail
  • Setelah dokumen terlampir, Anda bisa langsung mengklik tombol Send atau Kirim untuk mengirimkan pesan elektronik yang baru saja dibuat.
Cara Mengirim Email Lewat Gmail


Tugas 5

Untuk lebih memahami mengenai masalah email, maka kerjakanlah tugas dibawah ini:
  • Buatlah surat lamaran kerja dan kirim dokumen surat lamaran tersebut ke alamat email simdigsmkn3@gmail.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL (Aplikasi Pengolah Angka)

Contoh Algoritma Sederhana Beserta Flowchartnya

LOGIKA DAN ALGORITMA