PENGENALAN MICROSOFT EXCEL (Aplikasi Pengolah Angka)

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL (Aplikasi Pengolah Angka)

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple.
5

  1. Menu Bar

Menu Bar berguna untuk menjalankan suatu perintah. Menu bar pada Microsoft Office Excel antara lain :

  1. File
  2. Home
  3. Insert
  4. Page layout
  5. Formulas
  6. Data
  7. Review
  8. View

       2.  Sheet

Work sheet atau sering juga disebut dengan sheet adalah lembar kerja microsoft excel yang terdiri dari baris dan kolom yang membentuk sebuah table.

  1. Title Bar

Title bar merupakan bagian yang berada paling atas lembar Excel. Dalam title bar terdapat beberapa komponen, antara lain :

  1. Ikon Control Menu
  2. Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif.
  3. Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain.
  4. Size, mengatur ukuran layar jendela Excel.
  5. Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk ikon.
  6. Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memenuhi layar.
  7. Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.

       4. Formula bar (baris rumus)

Formula bar berfungsi untuk memasukkan, memperbaiki, dan juga dapat menampilkan data atau rumus pada sel yang sedang aktif. Untuk memperbaiki data atau rumus adalah dengan cara mengklik atau menekan tombol F2.

  1. Petunjuk Sel (Cell Pointer)

Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju. Sedangkan dengan menggunakan keyboard langkah yang ditempuh antara lain :

6

Jika posisi sel berada diluar tampilan jendela, maka kita dapat menggunakan fasilitas scrollbar, baik yang vertikal maupun yang horizontal untuk menjangkau sel yang dimaksud. 

Membuka Workbook Baru 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih menu File – New (Ctrl+N) atau klik ikon lembar kosong pojok kiri atas pada toolbar.
  2. Jika ingin membuka workbook yang telah disusun dengan format tertentu bisa menggunakan tab Spreadsheet Solutions atau Bussiness Planner Template.

7

  1. Pilih format yang diinginkan dengan mengklik pada file yang ditampilkan, dan lihat contoh tampilannya pada Preview.
  2. Setelah menentukan file yang dimaksud klik OK.

Menyimpan Buku Kerja (Workbook)

  1. Pilih menu File kemudian klik Save atau bisa juga cara cepat dengan perintah dari keyboard yaitu menekan (Ctrl+S)
  2. Pada kotak dialog Save In, tentukan tempat yang dipakai untuk menyimpan file excel kita.
  3. Jangan lupa pada kotak isian, ketikkan nama file excel kita
  4. Klik ikon Save

Mengatur Tampilan Lembar Kerja

  1. Anda dapat menggeser Zoom Control ke arah kiri untuk memperkecil tampilan lembar kerja atau arah kanan untuk memperbesar tampilan yang terletak dipojok kanan bawah dari lembar kerja.

8

  1. Anda dapat mengklik persentasi dari nilai yang ditampilkan, sehingga Anda tampilan akan tampil zoom control, dan Anda dapat memilihnya.

9

  1. Dengan cara ini Anda dapat memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja dengan praktis yaitu, dengan menekan tombol Ctrldan menggerakkan scroler pada mouse, sehingga Anda dengan bebas dapat memperkecil dan memperbesar tampilan lembar kerja.
  2. Selain itu Anda juga dapat mengatur tampilan dengan memilih dalam bentuk Normal yang ditampilkan secara default, tampilan secara Page Layout (yang juga menampilkan margin di Excel serta pengaturan Header dan Footer) dan Page Break Preview (yang juga menampilkan lembar kerja per halaman).

10

11

12


Memahami Pengertian Cell, Range, Sheet, Worksheet formula bar di microsoft excel.

Berikut adalah beberapa istilah dasar yang sering digunakan di microsoft excel, diantaranya adalah:

1. Pengertian Cell di Ms Excel

Untuk memahami cell, coba anda perhatikan tampilan microsoft excel, jika dilihat tampilan utama microsoft excel berbentuk sebuah Kotak-kotak atau Table yang  terdiri dari baris dan kolom.

Kolom-kolomnya diberi nama dengan Abjad A,B, C, D... dan seterusnya yang disajikan secara horizontal (dari kiri ke kanan posisinya di atas), sedangkan untuk setiap barisnya diberi nama dengan angka 1, 2, 3, dst... dengan arah vertical (dari atas ke bawah posisinya di sebelah kiri)

kolom dan baris table ms excel


Setiap kotak-kotak yang yang dihasilkan dari pertemuan kolom dan baris tersebut dinamakan dengan CELL, jadi Cell itu adalah setiap satu kotak yang membentuk sebuah table microsoft excel yang memiliki sebuah nama unik, nama untuk setiap cell atau kotak table umumnya secara bawaan diberi nama sesuai dengan posisi kolom dan baris untuk cell  / kotak tersebut.

Untuk lebih memahami pengertian cell di microsoft excel, Coba lihat gambar table microsoft excel di bawah ini:

Pengertian Cell di microsoft excel



Coba lihat gambar di atas, jika kita menyeleksi satu kotak seperti gambar di atas (ditandai dengan kotak warna merah), maka kita sedang menyeleksi sebuah Cell, nama cell tersebut adalah  Cell C5, karena posisinya di kolom C dan baris 5, begitu juga untuk setiap kotak / cell lainnya.

2. Pengertian Range di MS Excel

Untuk memahami pengertian range anda harus paham dulu tentang apa itu cell di atas ?.

Range di microsoft excel adalah kumpulan lebih dari satu cell yang berkelompok, sama halnya dengan cell, range juga memiliki nama, umumnya nama range secara bawaan ditentukan oleh nama cell atau kotak di pojok kiri atas dengan nama cell di pojok kanan bawah. yang dipisahkan dengan titik dua (:)

Untuk memahami pengertian range di microsoft excel, coba perhatikan gambar di bawah ini:

Pengertian range di microsoft excel


Jika kita melakukan seleksi seperti terlihat di gambar di atas, maka kita sedang menyeleksi sebuah range, nama range microsoft excel di atas adalah Range B3:F8, artinya range tersebut dimulai dari cell B3 dan berakhir di Cell F8.

Jadi nama range selalu menggunakan 2 nama cell dipojok kiri atas dengan nama cell di pojok kanan bawah yang dipisahkan dengan titik dua. begitu juga untuk seleksi range lainnya.

3. Pengertian Sheet / Worksheet

Work sheet atau sering juga disebut dengan sheet adalah lembar kerja microsoft excel yang terdiri dari baris dan kolom yang membentuk sebuah table.

Ketika anda membuka sebuah dokumen baru di microsoft excel, maka tampilan utamanya adalah sebuah table, table tersebut dinamakand engan worksheet /lembar kerja, umumnya secara bawaan anda akan disajikan 3 buh sheet yaitu sheet1, sheet2 dan sheet 3 yang namanya bisa diubah dan bisa juga anda tambahkan sheet lainnya jika diperlukan.

4. Apa itu Formula Bar di ms excel

Formula bar adalah kotak isian untuk memasukan formula atau rumus microsoft excel, posisinya di bagian atas table atau worksheet microsoft excel.

Ada 2 alternatif untuk memasukan rumus microsoft excel, bisa langsung melalui cell dengan didahului tanda =, bisa juga dimasukan di formula bar.

formula bar di microsoft excel

formula bar juga bisa menampilkan rumus yang tersimpan disebuah cell. dengan menyeleksi cell yang sudah dimasukan rumus, maka rumus untuk cell tersebut akan muncul di formula bar.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Algoritma Sederhana Beserta Flowchartnya

LOGIKA DAN ALGORITMA