Aplikasi Pengolah Kata "Microsoft Office Word"

 


                                                                                                                                                                                                                           RIBBON

 

Microsoft word adalah salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah kata yang terdapat dalam paket program aplikasi microsoft office,yang sejak mulai dikembangkan pada tahun 1983 sampai pertengahan tahun 2001.

 Microsoft word dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat lunak ternama didunia yaitu Corporation dari generasi pertama microsoft word sampai generasi terkininya program ini selalu menjadi idola.

A. Pengertian Microsoft Word

Sekedar Berbagi Bersama: Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Office Word 2007

Pengertian Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia. Selain itu, Microsoft Word juga tersedia di berbagai jenis sistem operasi. Aplikasi ini telah didistribusikan di sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS, dan Android. Hal ini menyebabkan popularitas Microsoft Word bertahan, walaupun banyak terdapat aplikasi pengolah kata yang terus bermunculan.

B. Fungsi Microsoft Word

Secara umum Microsoft Word mempunyai fungsi sebagai word processing yaitu membuat, mengedit, dan memformat dokumen.

  1. Membuat Dokumen

    Aplikasi Microsoft Word berfungsi untuk membuat dokumen yang dapat dicetak dengan berbagai ukuran kertas.

  2. Mengedit Dokumen

    Aplikasi Microsoft Word dapat digunakan untuk mengedit dokumen lain baik dokumen yang dibuat dari aplikasi Microsoft Word itu sendiri maupun dari aplikasi pengolah kata lainnya.

  3. Memformat Dokumen

    Microsoft Word memungkinkan pengguna membuat dokumen yang lebih profesional dengan pilihan format dokumen yang beragam. Misalnya ukuran kertas, jenis huruf, warna huruf, catatan kaki, penomoran, hingga equation matematika.

C. Fitur Umum Microsoft Word

Sebagai aplikasi pengolah kata terpopuler, Microsoft Word menyediakan beberapa fitur andalan, sebagai berikut

  • WYSIWYG: Sejak pertama rilis tahun 1981, Microsoft Word mempunyai slogan WYSIWYG atau What You See Is What You GetHal ini untuk meyakinkan pengguna bahwa apa yang dilihat di layar monitor adalah apa yang akan ditampilkan pada kertas saat dokumen dicetak.
  • Spell Check: Microsoft Word mempunyai fitur yang dapat mengecek eja pengetikan dokumen yang membantu menghindari typo saat menulis dokumen. Typo atau typographical error adalah kesalahan ketik terhadap teks tertentu.
  • Fitur tingkat teks yaitu jenis huruf, ukuran, dan format huruf, dan lain-lain.
  • Fitur tingkat halaman yaitu penomoran, indent, paragraf, dan lain-lain.
  • Dukungan aplikasi lain (Add-ins): banyak aplikasi lain yang mendukung kinerja Microsoft Office, seperti PDF reader dan Grammarly.

D. Ekstensi Nama File Dokumen Microsoft Word

Ekstensi nama file yang dihasilkan oleh Microsoft Word bervariasi sesuai versi software yang digunakan.

  • Microsoft Word 2007 dan di bawahnya akan menghasilkan ekstensi nama file .doc
  • Microsoft Word 2010 dan di atasnya akan menghasilkan ekstensi nama file .docx

Ekstensi nama file adalah karakter di belakang nama file yang dipisahkan dengan tanda titik. Misalnya "Dokumen 1.docx" adalah sebuah file dokumen yang dihasilkan Microsoft Word.

E. Manfaat dan Kegunaan Microsoft Word

Berikut manfaat dan kegunaan Microsoft Word yang dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di dunia kerja.

  • Membuat dokumen yang dapat dicetak seperti surat, laporan kerja, dan lain-lain.
  • Membuat buku dengan berbagai format.
  • Membuat dokumen yang lebih profesional dengan gaya penulisan yang beragam, seperti jenis font, warna, dan lain-lain.
  • Membuat surat dengan lebih cepat.
  • Membuat dokumen ilmiah dengan fitur References untuk mempermudah penulisan ilmiah.
  • Tersedia beragam template yang dapat diunduh untuk mempercepat pembuat dokumen.
  • Mempermudah mengedit dokumen dengan mudah, dapat dibuka kapan saja.
  • Terkoneksi dengan SkyDrive untuk menyimpan dokumen otomatis secara online.
  • Dapat digunakan untuk membuat surat yang dikirim berbanyak.
  • Serta fitur lainnya yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

F. BAGIAN BAGIAN DARI MICROSOFT WORD

Microsoft Office Button

       Apabila tombol ini diklik maka akan muncul beberapa pilihan yaitu :

·         New : berfungsi untuk membuat dokumen baru

·         Open : berfungsi untuk membuka dokumen yang telah dibuat

·         Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat

·         Save As : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat dengan nama berbeda

·         Print : berfungsi untuk mencetak dokumen

·         Prepare : berfungsi untuk mempersiapkan dokumen

·         Send : berfungsi untuk mengirim dokumen

·         Publish : berfungsi untuk mentransfer dokumen


Menu Bar

Menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Jendela ini umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Tampilan Ms. Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang berisi kumpulan toolbar. Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 secara maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word 2007

  • Home

      Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.

 b.  Insert

Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen.  Menu insert terdiri dari:  Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.

  • Page Layout

 Tab page Layout digunakan untuk mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberi warna background pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada teks dan mengatur indentasi. Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.

 

  • References

 Tab ini dugunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab references

Tab References. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.

 


  • Mailings

 Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.

  • Review

 Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.

 


  • View

Tab View digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.

  • Quick Access Toolbar

Menu yang berfungsi untuk mempercepat akses/shortcut

  • Tittle Bar

Baris ini berisi keterangan mengenai program dan nama dokumen yang sedang aktif.

  • Tombol Ukuran

Tombol-tombol ini digunakan untuk mengatur ukuran jendela yang sedang aktif. Ada 4 macam tombol ukuran, yaitu :

a.  Minimize, untuk memperkecil ukuran jendela sehingga membentuk sebuah ikon aktif.

b. Maximize, untuk memperbesar ukuran jendela hingga menjadi satu layar penuh.

c. Restore, untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula.

d. Close, untuk menutup jendela.

  • Toolbar

Berguna untuk memberi perintah dengan mengklik tombol tersebut.

  • Ruler

Garis pedoman untuk menentukan margin atau batas indentasi.

  • Jendela Dokumen

Di sinilah area kerja tempat kita mengetik naskah.

  • Scroll Bar

Terdiri dari : 

Vertical scroll bar

Horizontal scroll bar

Berfunsi untuk menggulung dokumen.

  • Status Bar

Pada lajur ini diberikan berbagai informasi, misalnya mengenai letak titik sisip.

  • View Toolbar

Memperlihatkan format-format tampilan dokumen yang sedang dibuat, serta dapat memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen.

  • Zoom In / Out

Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran jendela dokumen.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL (Aplikasi Pengolah Angka)

Contoh Algoritma Sederhana Beserta Flowchartnya

LOGIKA DAN ALGORITMA